Setelah kita belajar Microsoft Excel 2010 dasar/pemula,
kita lanjutkan ke level yang sedikit lebih rumit atau medium level,
Admin mencoba belajar dan kemudian berbagi apa yang didapatkan, disini
kita sama-sama belajar.
Langsung saja pada postingan kali ini
akan dibahas fungsi lookup. Fungsi lookup yaitu digunakan untuk mencari
data-data atau nilai otomatis yang sesuai dengan pasangannya pada
referensi yang kita buat terlebih dahulu.
Fungsi lookup ada dua yaitu Vlookup
dan Hlookup letak perbedaanya hanya pada range data referensi yang kita
buat dengan arah kolom V (vertikal) atau H (Horizontal) saja.
Masih bingung untuk lebih jelasnya akan kita berikan contohnya:
Pertama kita akan membahas Vlookup dengan tipe data FALSE (tetap)
| Vlookup dengan tipe data FALSE |
Contoh diatas yaitu data
penjualan/pemesanan kaos dengan berbagai ukuran yang memiliki harga yang
bebeda-beda semakin besar harganya lebih mahal. Rumus Vlookup
berfungsi supaya ketika data ukuran dimasukan maka harga akan muncul
secara otomatis sesuai data referensinya/acuannya.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Pertama yaitu buat table data referensi harga kaos berdasarkan ukuran
2. Kemudian buat tablel pemesan kaos seperti diatas
3. Rumusnya yaitu :
Ketikan pada kolom harga cell D9 =VLOOKUP(C9;$B$4:$C$6;2;FALSE)
Penjelasannya
C9 merupakan nilai kunci yang dijadikan acuan untuk membaca tabel referensi yaitu kolom size
$B$4:$C$6 merupakan range dari tabel referensi untuk mendapatkan hasil yang sesuai yaitu tabel ukuran kaos dan harganya.
2 merupakan nomor urut data dalam tabel referensi. yaitu pada kolom dua (harga)
FALSE
tipe data ada dua pilihan yaitu TRUE dan FALSE. Nilai TRUE Anda gunakan
jika nilai datanya tidak pasti atau berada pada range tertentu dan
nilai FALSE Anda gunakan jika nilai data berharga pasti/tetap.
4.Selanjutnya untuk mempercepat penyelesaian arahkan mouse ponter sampai berubah tanda + , kemudian tinggal tarik/drag ke bawah.
| Vlookup dengan tipe data FALSE |


Tidak ada komentar:
Posting Komentar