Rumus Excel NETWORKDAYS yaitu digunakan untuk menghitung jumlah hari kerja dengan ketentuan 5 hari kerja dalam satu pekan (libur dua hari yaitu sabtu, minggu) dan jika ada hari libur lain seperti libur nasional kita juga bisa menambahkannya.
Dengan rumus Excel NETWORKDAYS komputer bisa menentukan tanggal dihari sabtu dan minggu secara otomatis, sehingga kita bisa menghitung hari kerja secara dengan mudah dan simpel.
Untuk lebih jelasnya belajar office berikan contohnya berikut ini :
Buatlah tabel seperti dengan data-data gambar dibawah ini
Kita akan menghitung jumlah hari kerja terlebih dahulu berdasarkan tanggal mulai kerja sampai tanggal terakhir kerja setiap bulannya,
Sytank penulisaan =NETWORKDAYS(start_date;end_date;holidays)
Ket:
start_date : Tanggal Mulai kerja
end_date : Taggal akhir kerja
holidays : untuk menambahkan hari libur diluar hari sabtu minggu (libur nasional setiap bulannya jika ada )
Pada cell E4 ketikan rumus=NETWORKDAYS(C4;D4;C11)
C4 : tanggal mulai kerja
D4 : tanggal akhir kerja
C11 : hari libur nasional conoth diatas 25/12/14 hari natal
selanjutnya kita tambahakan simbol alamat cell absolute ($) pada cell hari libur $C$11 karena setiap karyawan libur pada tanggal merah supaya ketika kita drag rumusnya akan tetap.
rumusnya menjadi =NETWORKDAYS(C4;D4;$C$11)
Selanjutnya untuk mempercepat pengerjaan rumus karyawan lain kita drag rumusnya.
Masukan gaji perharinya masing-masing karyawan
Total Gaji Rumusnya cell G1 ketikan rumus =E4*F4
Berikut ini contoh hasilnya :
Menghitung Gaji Berdasarkan Hari Kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar