1. Saya pastikan dulu kalo chassis'nya presisi(ngga Templang) caranya :
a). Pasang semua Ban dengan ukuran yg biasa kita pakai, Pastikan ukuran kanan & kirinya sama.
b). Pasang Gearbox+Mesin+Batre+ dikunci pake kunci batre.
c). Lihat dikaca/papan seting, pastikan semua ban nempel pada permukaan kaca/papan seting tanpa ditekan.
2. Pasang Penguat Pinggang, pemasangan ini dieksekusi pada saat Point
(1.b), ini penting buat saya agar pada saat mobil siap untuk lari, mobil
ini dlm keadaan Presisi(tanpa harus melintir2 chasiss karena ban'nya
ada yg ga nempel dipermukaan papan seting(napak).
3. Pemasangan part lain bisa nyusul, bisa random sesuai mood'nya aja yg
penting dasarnya sudah presisi.. Masalah enak dilihat ato ngga
tergantung kejelian kita dan kreatifitas masing2.
Makin sering bikin mobil juga lama2 rapih juga.
cara pasang bering( breaqk depan)
1. Saya bikin pola dulu dari pcb 1,5mm seperti dibawah ini.. pastikan
jarak masing2 spasi as (yang dilingkari), sama.. Caranya dengan
pengukuran mengunakan sigmat(garis merah sebagai patok ukur).
2. Saya potong bagian depan chassis sesuai dengan bentuk pola tempat dudukan as dan bearing, seperti dibawah. `
bersambung..
Sambungannya :
3. Tempel Pcb ke Chassis (depan) calon dudukan bearings, Penting:
sebelum ditempel agar di'amplas' terlebih dahulu permukaannya. lagi2
jadikan garis merah sebagai titik ukur sigmat, lingkaran kuning = lobang
bearing Roda depan, seperti dibawah ini
4. Lem as ke PCB yg telah ditempel ke Chassis(sedikit saja) Menggunakan
lem biasa dulu agar tidak terlalu keras saat diatur ketinggiannya,
seperti dibawah,Bersambung lg.. Sambungannya :
5. Pasang roda depan & Belakang, Biasanya saya menggunakan Depan :
20" Belakang : 22"mm, taruh dipapan/kaca seting, atur masing2 ketinggian
jarak bearing(kanan&kiri) masing2 permukaan bearing jangan sampai
ada yg tidak nempel saat menyentuh permukaan kaca seting(sambil di
gerakkan maju-mundur), kalau ada yg tidak nempel kita tinggal
menurunkan/menaikan ujung salahsatu as yg kurang/terlalu tinggi dengan
bagian tengah as bearing depan yang masih menempel(kena Lem), Kalau
(saya)biasanya jarak bearing ke Permukaan kaca sekitar 1.5mm,
Seperti gambar dibawah :
6. Setelah di"rasa" sudah Simetris(ukur dengan sigmat semua sisi,
perhatikan atas - bawah, kiri & Kanan), Isi bagian/rongga dalam
belakang as bearing dengan araldite/ sponge(sabut cuci piring), PENTING:
Perhatikan pada saat mengisi rongga, jangan sampai bearing terkena lem,
beri jarak/ batas Lem, seperti dibawah :
7. Sambil menungu Lem Rongga kering, Siapkan Pola Pcb/Carbon untuk
menutup bagian depan mobil, setelah di"rasa" kering Tempelkan pola
tersebut, Seperti dibawah ini :
Sekali lagi harap berhati-hati pada saat penge"lem"an, jangan sampai
bearing kena Lem, kalau kena.. Kita bersihkan lemnya dan balik lagi ke
proses No.4..
8. Proses terakhir.. ,, Ikat dengan benang(Cap Peniti = Recommended)
masing2 sisi as bearing, TIPS biar rapih: Ketika mengikat As, anggap
saja kita lagi ngegulung mesin dengan kawat mahal & Anggkur keren,
biar hati2 & ga melenceng dar jalur urutan.. Seperti dibawah :
Catatan yang paling penting.. : Semua cara ini adalah kebiasaan saya,
sebenarnya masih ada beberapa cara lg yg lebih praktis, cuma baru cara
inilah yang terdokumentasi, kalau ada kesempatan lagi bikin yg lebih
praktis & terdokumentasi, InsyaAllah pasti saya upload disini lagi.
Saya ngga mengharuskan mengikuti cara2 diatas, jika temen2 semua diforum
ini ada cara yg lebih praktis lg & terdokumentasi mohon sudilah
kiranya kita berbagi disini, jika ada masukan/Kritikan untuk cara2 saya
diatas, saya bakalan dengan Suenneng bgt
menerimanya...................SELAMAT MENCOBA











Tidak ada komentar:
Posting Komentar